-->

Strategi Perencanaan keuangan untuk bisnis dan keluarga Paling Jitu

Pentingnya perencanaan keuang untuk usaha
Perencanaan Keuangan
Perencanaan keuangan sebenarnya cukup sederhana yaitu pemasukan dikurangi dengan pengeluaran. Namun, jika lebih maka bisa disebutkan sebagai tabungan dan jika minus, maka disebut dengan hutang. Strategi dalam perencanaan keuangan sangatlah patut untuk dikuasai oleh semua orang, termasuk para pembisnis maupun karyawan. Dengan perencanaan keuangan yang bagus, maka anda akan lebih mudah untuk menabung dan mendapatkan suatu keinginan yang telah di targetkan sebelumnya.

Kecendrungan memiliki gaya hidup boros dan menganggap tidak masalah jika keuangan habis dengan target bulan depan bisa mendapatkan gaji lagi sangatlah berdampak fatal terhadap hidup maupun bisnis yang anda jalankan. Pola pengaturan keuangan seperti diatas dapat menyebabkan kondisi keuangan anda dimasa depan kurang baik dan tidak maksimal.

Baca Juga : Apa itu eCommerce ? Fungsi dan Manfaatnya

Nah, perencanaan keuangan seharusya sudah bisa anda terapkan sejak dini dengan tujuan untuk mendisiplinkan anda dalam mengatur setiap keuangan dan bisa mengelola nya dengan baik. Jika anda sudah terbiasa dengan pola keuangan seperti diatas, maka anda akan lebih nyaman dan bisa merasakan hasil dari semua jerih payah anda selama ini dimasa depan dengan baik.

#Strategi Perencanaan Keuangan Untuk Bisnis maupun Keluarga


Agar keuangan anda dapat lebih baik, maka sebaiknya silahkan anda ikuti beberapa tips perencanaan keuangan dibawah ini agar semua pendapatan maupun pengeluaran yang selama ini bisa anda ketahui alurnya dan bisa anda manfaatkan lagi dimasa depan.

#1. Ketahui Alokasi Pengeluaran


Untuk mengatur kuangan yang baik, salah satunya adalah dengan mengetahu alokasi dana pengeluaran yang terjadi setiap bulannya. Kebutuhan dalam membayar suatu cicilan maupun kebutuhan lainnya harus anda alokasikan diawal agar mengurangi pendapatan anda.

Nah, dengan mengetahui setiap pengeluaran disetiap bulannya, maka anda akan semakin mudah untuk mengatur sisa pendapatan tersebut dan memanfaatkannya untuk project lainnya agar mendapatkan keuntungan 2x lipat. Namun, jika memang dari pengeluaran tersebut tidak tersisa sama sekali, maka anda harus benar-benar mencari jalan keluar untuk mendapatkan income baru.

#2. Belajar Membuat Planning


Tips lainnya untuk mengelola keuangan yang baik adalah dengan membuat planning keuangan tersebut. Disini anda harus benar-benar belajar bagaimana membuat planning untuk kebuthan yang penting bagi anda dan bukan karena keinginan anda semata. Anda juga harus pintar dalam menentukan perencanaan keuangan tersebut agar sesuai dengan pendapatan anda dan bisa menyisikan 25% untuk dijadikan tabungan.

#3. Memisahkan Rekening Pribadi dengan Rekening Perusahaan


Agara kuangan anda dapat berjalan dengan baik dan bisa sesuai dengan target yang telah ditentukan maka anda harus memisahkan rekening pribadi anda dengan rekening perusahaan yang anda miliki. Dengan begitu, maka setiap ada pemasukan ataupun pengeluaran akan semakin mudah untuk dilihat. Hal ini sangat bagus untuk diterapkan guna untuk menghindari dari penggunaan yang tidak disengaja.


Manfaat dari penerapan ini juga sangat bagus, pertama uang anda tidak akan tercampur dengan uang perusahaan dan yang kedua adalah pihak accounting akan lebih mudah untuk mencatat setiap pengeluaran. Sehingga nantinya semua laporan keuangan akan semakin mudah untuk diketahui sebesar manakah pengeluaran bulan ini.

#4. Mencatat Pengeluaran


Pastinya setiap hari ada pengeluaran yang kita lakukan, baik itu untuk uang bensis, makan, pulsa maupun untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu maka setiap pengeluaran akan dapat dengan baik anda ketahui dan juga jika suatu saat anda mengalami over dalam keuangan, maka anda akan semakin mudah untuk mengevaluasi penyebab tersebut.

#5. Hindari Hutang


Mengutang memang sudah menjadi tradisi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan modal, namun dengan kehidupan yang dililiti hutang maka sangatlah tidak tersa nyaman. Anda harus memikir dua kali saat mengambil suatu keputusan, pikirkan apakah anda mampu untuk membanyar utang ataupun cicilan yang anda ambil tersebut. Namun jika anda bisa membayarnya, maka ada baiknya jangan menambah lagi hutang tersebut demi kuangan anda yang lebih baik.

#6. Rajin Menabung


Keuangan yang sehat adalah apabila pendapatan anda tersebut dikurangi dengan pengeluaran maka masih terdapat sisi untuk dijadikan tabungan. Inti dari perencanaan yang baik adalah dengan mengalokasi kan keuangan tersebut untuk tabungan. Dengan begitu, maka setiap pengeluaran yang anda lakukan akan ada sisa yang bisa anda jadikan sebagai tabungan anda tersebut dan nantinya anda akan lebih mudah dalam mengelola dana tersebut dan bisa bermanfaat bagi kehidupan dan bisnis anda tersebut.

Nah itulah 6 strategi merencanakan keuangan anda dengan baik, baik itu untuk bisnis maupun untuk keluarga. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengelola keuangan dengan baik dan teratur. Semoga juga bisa bermanfaat bagi semua para pembaca diblog ini, silahkan share artikel ini jika menurut anda bermanfaat agar karabat anda juga bisa mengetahui perencanaan keuangan dengan baik. ☺

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter