-->

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan tanpa modal
Bisnis Ibu Rumah Tangga
Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga - Menjadi seorang ibu rumah tangga dan selalu tinggal dirumah sepanjang hari bisa menjadi hal yang membosankan bagi beberapa kalangan ibu rumah tangga. Namun, selain menjadi IRT, anda juga bisa membuka usaha dari rumah dengan berbagai macam ide ataupun kreasi yang anda dapatkan. Mungkin bagi suatu kalangan, menjadi IRT itu bukanlah hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan penghasilan sendiri karena pada dasarnya, banyak hal yang bisa dikerjakan dari rumah yang bisa mendapatkan penghasilan dengan modal yang kecil bahkan tanpa modal.

Baca Juga : Cara Membangun Bisnis Dari Nol Sampai Sukses

Meski bekerja dari rumah terdengar sangat spele dibandingkan bekerja dikantoran, namun keuntungan yang bisa kita dapatkan jauh lebih besar dibandingkan bekerja dikantor. Kenapa demikian ? Ya, pada dasarnya semua karyawan yang bekerja dikantor itu terikat dengan aturan dan jam kerja. Akan tetapi, bekerja dari rumah itu lebih menyenangkan, karena kita bisa bebas untuk mengatur jam kerja sendiri. Itu mungkin salah satu banyangannya bagi anda yang berpikir bekerja dari rumah itu tidak menjanjikan. Umumnya, sekarang ini malah banyak orang yang sukses dengan pekerjaan tersebut yang dilakukan nya dari rumah, cuma saja mereka mungkin tidak populer dimasyarakat, karena mereka tidak memekai baju dinas untuk mengerjakan pekerjaannya.

Sebenarnya, banyak sekali bisnis yang bisa dilakuka dari rumah, namun pastinya anda juga harus memilih bisns apa yang peluangnya lebih besar dan harus menyesuaikan bisnis tersebut dengan kemampuan dan minat yang anda miliki agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.

#Jenis Usaha Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga


Seperti yang telah saya katakan diatas, ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, hanya saja anda harus memilih pekerjaan yang lebih cocok dengan kamampuan yang anda miliki. Selain itu, anda juga harus bisa mengelola bisnis tersebut dengan baik agar dapat berkembang secara cepat dan bisa mencapai suatu kesuksesan yang sudah ditargetkan. Berikut adalah beberapa peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil bahkan tanpa modal yang bisa anda coba.

#1. Membuat Kerajinan Tanggan


Bisnis rumahan yang pertama adalah dengan berkreasi untuk membuat berbagai kerajinan. Saat ini, banyak ibu rumah tangga maupun wanita yang masih singgle memilih jenis bisnis ini. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat seperti, Merangkai Bunga, Membuat Aksesoris Anak, Membuat Tas dari Botol plastik bekar dan masih banyak lainnya. Sesuaikan dengan Ide dan kemampuan anda agar bisa menghasilkan kerajinan yang berkualitas. Nah, pastinya bisnis ini sangat mudah untuk diatur jadwal kerjanya, karena anda bisa merakit kerajinan tanggan tersebut diwaktu senggang ataupun sambilan beristirahat maupun bersantai.


Namun, yang jadi pertanyaan nya disini adalah bagaimana kerajinan tersebut dapat kita jual ?
Pasti sebagian orang memiliki pertanyaan tersebut setelah membaca artikel ini, namun tenang saja, saya juga akan membisikan sebuah tips memasarkan kerajinan tangan tersebut agar dapat menghasilkan. Salah satu caranya adalah dengan memfoto kerajinan tangan tersebut dan menguploadnya ke media sosial. Dengan begitu, pasti ada sebagian orang yang akan menarik perhatian mereka dengan kerajinan tangan yang anda buat tersebut. Nantinya anda bisa menawarkan dan mengenalkan beberapa kerajinan tangan lainnya untuk orang tersebut dan menjualnya dengan harga yang bisa anda tentukan sendiri. Nah, pastinya jika orang tersebut sudah membeli kerajinan anda tersebut, kemudian harinya mereka juga mengenalkan kerjaninan tersebut kepada teman-temannya.

Dengan begitu, secara tidak langsung orang tersebut sudah mempromosikan kerajinan yang kita buat dan ini bisa menjadi salah satu peluang untuk bisnis anda tersebut dan bisa menjual berbagai kerajinan tangan denga banyak.

#2. Memulai Bisnis Tanaman


Pastinya bagi kalangan ibu rumah tangga sudah sangat familiar dengan tanaman. Banyak sekali ibu-ibu yang suka dengan menanam dan merawat berbagai macam bunga ataupun tanaman lainnya. Dengan begitu merawat dan menanam tanaman juga bisa anda jadikan sebagai peluang usaha tanpa membutuhkan keahlian khusus. Anda dapat menanam berbagai jenis bibit bunga ataupun bibit tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat. Nantinya anda dapat menjualnya kepada para tetangga, karabat, maupun kenalan lainnya di media sosial.

Sekarang ini, banyak orang yang mencoba bisnis ini dan berhasil. Mereka menanam berbagai macam tanaman herbal dan kemudian menawarkan keberbagai spesialis obat-obat herbal untuk dijadikan sebagai obat dan mereka pun dapat menjadi pelanggan tetap kita.

#3. Membuka Jasa Katering


Membuka jasa katering juga salah satu peluang usaha dan dapat anda jadikan sebagai bisnis rumahan, terutaman bagi anda yang suka memasak punya bakat dibidang masakan. Untuk memulainya, anda dapat menerima pesanan dari orang-orang terdekat, karabat, maupun kenalan lainnya.

Anda juga bisa menerima dan menawarkan jasa katering tersebut dari kantor-kantor yang umumnya akan bersifat kerjasama dengan waktu jangka panjang. Nah, hal ini dapat anda tekuni sebagai bisnis yang besar dan menjanjikan bagi anda, serta jangan kaget jika kemudian hari anda mendapatkan pesanan yang lebih banyak dan harus merekrut karyawan untuk bisnis katering anda tersebut.

#4. Menerima Orderan Jahitan


Menjahit merupakan salah satu keterampilan khusus yang dimiliki oleh sebagian orang, keterampilan menjahit tersebut pastinya tidak dimiliki oleh semua orang. Dengan begitu, bagi anda yang memiliki keterampilan dibagian ini, anda dapat menjadikannya keterampilan menjahit tersebut sebagai peluang usaha yang bisa anda tekuni. Banya orang yang tidak pernah tau dan melihat bahwa menjahit bisa menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjikan bagi hidupnya jika ditekuni dengan baik. Anda dapat menerima orderan jahitan dari orang-orang disekitar anda, bahkan dari teman-teman maupun karabat anda lainnya.


Seperti yang kita tahu, ongkos menjahit sebuah baju tidaklah murah dan dikategorikan mahal. Bayangkan saja, jika anda menerima orderan jahitan dengan skala banyak, bagaimana keuntungan yang bisa anda dapatkan hanya dengan mengandalkan keterampilan dan mesin jahit. Wow, luar biasa bukan. Jika anda menjahitnya dengan rapi, maka pasti akan ada banyak orang yang menjadi pelanggan kita.

#5. Membuat Kue ataupun Jajanan


Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang suka memasak. Ada banyak jenis kue ataupu jajanan yang bisa anda buat dan menjualnya kepasar dengan mudah. Disini anda dapat membuat berbagai macam kue yang disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa, kemudian anda dapat memasarnya dengan cara menitip di berbagai warkop dan kantin-kantin sekolah. Selain itu, jika anda membuat kue kering, anda juga bisa memasarkannya ke supermarket maupun di kios-kioas yang terdapat disekitar anda.

#6. Membuka Tempat Les


Bagi sebagian ibu rumah tangga yang memiliki keahlian khusus di suatu mata pelajaran, maka dengan membuka tempat les bisa menjadi suatu bisnis yang bisa anda tekuni. Contohnya, anda memiliki keterampilan khusus dibidang bahasa inggris, maka cobalah untuk membuka tempat les bahasa inggris, dan saya yakin pasti ada anak-anak disekitar lingkungan anda tersebut yang akan mengikuti les tersebut. Contoh lainnya, jika anda pintar bagian komputer, maka anda dapat membuka les dibidang komputer dengan beberapa pilihan seperti, mengajar tentang Microsoft Office maupun bagian Design. Pastinya dengan berbeda pilihan tersebut maka harga les nya juga berbeda, tergantung dari kerumitan saat anda mengajarkannya. 

Ditempat saya, les komputer ditawarkan dengan harga Rp.300rb sebulan perorang, dan perharinya cuma belajar 2 jam. Bayangkan saja jika tempat les anda diminati banyak orang, maka kalikan saja dengan harga diatas. Wow, pastinya anda dapat berpenghasilan lebih banyak dari pada mereka yang bekerja dikantoran.

Nah, itulah 6 usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga yang patut dicoba. Silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua dalam menemukan ide-ide usaha rumahan bagi ibu rumah tangga. Silahkan share artikel ini jika menurut anda bermanfaat dan berguna bagi orang lain. ☺

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter