-->

Apa itu eCommerce ? Fungsi dan Manfaatnya

Ecommerce adalah
eCommerce
Apa itu eCommerce ? eCommerce adalah suatu aktivitas di media internet yang berkaitan dengan penjualan, pembelian, serta pemasaran barang ataupun jasa yang memanfaatkan sistem elektronik ataupun internet sebagai media transaksinya. Nah, bagi sebagian orang yang aktif di media internet pasti sudah banyak mendengar apa itu eCommerce bukan. eCommerce ini sangat berkaitan dengan mereka para pembisnis yang membangun Bisnis Online ataupun memasarkan produk mereka secara online. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-satu tentang Pengertian, Fungsi serta Manfaat dari eCommerce itu.

#Pengertian eCommerce Secara Umum


Seperti yang telah saya jelaskan diatas, eCommerce adalah aktivitas yang memanfaatkan sistem elektroknik seperti Internet untuk media transaksinya. Aktivitas tersebut adalah seperti jual beli secara online ataupun memasarkan suatu jenis produk mereka secara online untuk mendapatkan keuntungan dan jangkauan orang yang lebih banyak.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Online Untuk Promosi Produk Terbaru

E-Commerce juga melibatkan suatu transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik maupun pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan sebagainya. eCommerce juga dikategorikan sebagai e-Business, yang artinya adalah memiliki cakupan yang lebih luas dari segi aktivitas maupun jenis kegiatannya.

#Jenis-Jenis eCommerce


Dalam dunia perdagangan elektrotik ataupun eCommerce, pastinya juga terdapat berbagai jenis. Berikut adalah beberapa jenis eCommerce yang biasanya dilakukan banyak orang di Internet.

#1. Business To Business (B2B)


Jenis eCommerce ini biasanya hanya dilakukan oleh orang dari kedua belah pihak yang saling memiliki keuntungan dalam menjalankan bisnis, dimana kedua belah pihak tersebut sudah saling mengenal sebelumnya dan saling mengetahui jenis bisnis mereka satu sama lainya. Jenis bisnis ini biasanya dilakukan secara terus menerus ataupun berlanggangan antara kedua belah pihak yang terkait untuk mendapatkan keuntungan dan kepercayaan satu sama lain.

#2. Business To Costumer (B2C)



Jenis eCommerce ini hanya dilakukan antara si pelaku bisnis dengan konsumen. Contohnya seperi antara Produsen yang yang menjual serta menawarkan produknya kepada konsumen. Artinya disini produsen hanya menjual produk ataupun jasa mereka kepada konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen itu sendiri. Dan disnis konsumen hanya sebagai pembeli ataupun pelaku saja.

#3. Consumen To Consumen (C2C)


Sedangkan jenis eCommerce C2C hanya dilakukan anatara konsumen dengan konsumen. Sebagai contoh, pelanggan dari sebuah konsumen akan menjual kembali produk yang telah dibeli olehnya kepada konsumen lainnya.

#4. Consumen To Business ( C2B)


Nah, jenis eCommerce ini dilakukan oleh konsumen dengan para produsen yang menjual produk maupun jasa mereka. Contohnya adalah, disini konsumen akan memberitahukan detail produk ataupun jasa yang mereka inginkan melalui media internet kepada para produsen, dan kemudian para produsen akan mengetahui permintaan tersebut, kemudian produsen akan menawarkan produk ataupun jasa mereka kepada konsumen tadi.

#Fungsi eCommerce


Saya rasa, jika anda telah membaca beberapa penjelasan diatas pastinya juga sudah bisa mengetahui fungsi dari eCommerce itu sendiri. Fungsinya adalah akan memudahkan kita dalam melakukan suatu transaksi ataupun jual beli dengan menggunakan sitem elektronik dan bantuan Internet. Keuntungan yang didapatkan juga sangat besar, karena kita tidak harus menyewa gedung ataupun kantor untuk menjual produk ataupun layanan yang kita tawarkan.

Baca Juga : 3 Rahasia Sukses Memasarkan Produk Anda

Selain itu, dari segi komunikasi juga sangat menguntungkan karena para produsen dengan konsumen dapat berkomunikasi langsung secara online. Hai ini juga sangat menguntungkan bagi kita, karena bisa mengurangi suatu biaya. Dengan mengunakan eCommerce tentunya juga bisa memudahkan kita dalam mempromosikan suatu produk dan dapat dijangkau banyak orang diseluruh dunia. Dengan demikian, biaya promosi yang kita gunakan tersebut akan semakin rendah dan dapat mengenalkan produk kita diberbagai persaingan internet.

#Manfaat eCommerce


Dalam segi manfaatnya, eCommerce juga bisa dibilang sangat banyak. Berikut adalah manfaat dari menggunakan eCommerce untuk bisnis yang kita jalankan.

Bisa memudahkan komunikasi antara Produsen dengan Konsumen
Dapat memperluas jangkauan calon konsumen dengan target pasar yang tidak terbatas.
Memudahkan dalam memasarkan ataupun mempromosikan produk ataupun jasa yang anda tawarkan.
Pembayaran dalam suatu transaksi juga mudah dilakukan secara online.
Memudahkan kita dalam menyebarkan informasi terhadap bisnis yang sedang kita jalani dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang eCommerce , fungsi serta manfaat yang bisa kita dapatkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambahkan wawasan anda terhadap ecommerce serta dapat berguna dan bermanfaat bagi semua para pembacanya. Silahkan share artikel ini jika menurut anda bermanfaat agar semua kawan-kawan kita juga bisa mengetahui apa itu eCommerce ☺

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter