-->

Cara Pasang Tag Hreflang di Blog

Cara Pasang Tag Hreflang di Blog
Hreflang Tas
XDTPD Blogs | Hallo sahabat blogger, jumpa lagi di postingan terbaru blog sederhana ini. Kali ini saya akan mencoba berbagi cara memasang hreflang tag diblog. Sebelum kita masuk kedalam tahapan tutorialnya, saya akan mencoba untuk menjelaskan secara singkat apa itu hreflang tag dan buat apa sih fungsinya.

Hreflang tags adalah sebuah meta tag yang dipakai oleh para blogger agar blognya dapat dirayapi oleh google bot disetiap negara. Fungsinya juga sama yaitu mengintruksikan kepada setiap robot agar dapat lebih mudah merayapi blog kita sesuai dengan negara dari pembaca blog kita. Ada pula yang mengatakan fungsi hreflang ini adalah sebagai penerjemah dari setiap pembaca disuatu blog sesuai dengan bahasa dari negara mereka.

Sebenarnya, pemasangan tag hreflang ini tidak berpengaruh begitu kuat untuk blog kita. Namun, jika sobat mau memakainya akan jauh lebih baik untuk kualitas blog itu sendiri dan bisa meningkatkan SEO diblog kita. Jika sobat sudah memeakai hreflang tags ini, maka sobat juga akan lebih mudah untuk menargetkan blognya terhadap suatu bahasa maupun negara asing. Ini sangat cocok kalau dipakai di blog yang berbaha inggris, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang umumnya dipakek diseluruh dunia.

#Cara Pasang Tag Hreflang di Blogger


Nah, jika sobat sudah paham dengan sedikit penjelasan tentang hreflang tags, maka sekarang saatnya kita memasuki kedalam tahap pemasangan tag hreflang nya. Silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini dengan sesama.

Pertama, sobat harus tau terlebih dahulu bagaimana cara penulisan suatu hreflang tag terhadapat suatu bahasa dan negara. Sobat bisa melihatnya langsung di Hreflang Tags Generator disini.

Selanjutnya, silahkan sobat masukkan url blog sobat dan pilih bahasa konten blog sobat dan negara penargetannya dan silahkan klik " Generate the Hreflang Tags For These URL ". Nanti akan keluar tags hreflangnya sesuai dengan bahasa dan negara yang sobat buat tadi.

Dibawah ini adalah contoh Hreflang tags dari blog ini dengan konten bahasa indonesia dan target negaranya adalah malaysia.

<link rel="alternate" href="http://www.xdtpd.net/" hreflang="id-my" />

Sobat bisa mensettingnya sesuai dengan kebutuhan sobat di Hreflang tags Generator tersebut.
Selanjutnya, silahkan sobat copy tags hrelangnya dan masuk ke Dashboard Blogger sobat, kemudian klik menu Theme dan pilih Edit HTML.

Kemudian, sobat cari kode <head> dan pastekan tag hreflang tadi tepat dibawah kode <head> tersebut.
Selanjutnya, silahkan sobat klik Simpan Template dan Selesai.

Nah, itu adalah cara pemasangan hreflang tag untuk penargetan bahasa dan negara asing. Jika sobat ingin memasang tag hreflang tags default sesuai dengan bahasa konten dan negara sekarang blog sobat, sobat bisa memasangkan kode hreflang tags dibawah ini saja.

<link rel="alternate" href="http://www.xdtpd.net/" hreflang="x-default" />

Perlu diketahui, sobat juga bisa memasangkan lebih dari satu tags hreflang ini, sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing untuk menargetkan beberapa negara terhadap blog yang sobat miliki. Itulah bagaimana cara memasang tags hreflang diblog. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua pembaca XDTPD Blogs. Jika ada pertanyaan ataupu yang kurang jelas terhadap penjelasannya silahkan sobat komentar dibawah ini.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter