-->

Manfaat Internet Banking Untuk Bisnis Dan Transaksi Online

manfaat e banking
Internet Banking
Internet Banking atau yang sering disebut e-Banking sekarang ini sangat banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Baik itu Bisnis Online maupun Bisnis lainnya. Internet Banking adalah suatu kegiatan Perbankan seperti Cek Jumlah Saldo, Transfer maupun transaksi yang dilakukan oleh para nasahab secara online. Dengan adanya Internet Banking ini cukup memudahkan semua orang terutama para pembisnis dalam melakukan berbagai transaksi setiap harinya tanpa perlu repo-repot untuk pergi ke bank. Layanan Internet Banking disebut juga sebagai Virtual Banking, Online Banking, Home Banking. Internet Banking mulai lahir pada tahun 1998 dan mulai diperkenalkan oleh bank BUMN dan Bank Swasta di Indonesia seperti Bank BCA, BNI, Mandiri dan bank lainnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak bank yan sudah menyediakan layanan tersebut. Namun, dengan adanya layanan tersebut, maka lahirlah aturan elektronik banking yang tertuang kedalam peraturan Bank Indonesia. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa, setiap bank wajib menetapkan wewenang dan tanggung jawab penuh dalam setiap jabatan dalam menggunakan teknologi informasi tersebut.

Baca Juga : Apa itu eCommerce ? Fungsi dan Manfaatnya

#Keuntungan Internet Banking Untuk Bank


Keuntungan Internet Banking untuk bank sendiri sangat banyak sekali, diantaranya adalah dapat menekan biaya layanan perbankan, ekspansi Bisnis, serta dapat menambahkan loyalitas bagi konsumennya masing-masing. Namun untuk otoritas, perkembangan e-Banking dapat mewujudkan masayarakat Less Cash Society.

Selain itu, adanya eBanking dapat membantu meningkatkan sistem pembayaran yang cepat, aman, dan efesian bagi semua kalangan. Maka dari itu, dengan adanya akun eBanking, maka orang-orang tidak harus membawa uang fisik lagi. Dengan begitu, maka perputaran ekonomi dan stabilitas sistem keuangan akan semakin cepat serta dan mencegah kriminalitas.

#Keuntungan Internet Banking Untuk Nasabah


Tidak hanya untuk bank saja, adanya layanan internet banking dengan menggunakan sistem informasi juga akan memberikan manfaat tersendiri untuk para nasabah. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para nasabah dalam menggunakan layanan Internet Banking.

1. Memudahkan Para Nasabah Untuk Mengirim Uang 


Dengan adanya layanan tersebut, maka akan sangat memudahkan para nasabah untuk melakukan suatu transaksi tanpa harus keluar rumah ataupun pergi ke bank. Dengan adanya koneksi internet, maka para nasabah bisa dengan mudah melakukan berbagai macam transaksi dimana saja dan kapan saja. Tentunya ini sangat menguntungkan, karena bisa menghemat waktu dan proses transaksinya juga sangat mudah untuk dilakukan.

2. Dapat Dengan Mudah Untuk Mengetahui Saldo


Nah, selain memudahkan dalam segi transaksi, nasabah juga akan mudah untuk melakukan pengecekan saldo hanya dengan menggunakan koneksi internet dan memanfaatkan layanan eBanking ini. Sebelum adanya layanan eBanking ini, untuk melakukan pengecekan saldo biasaya para nasabah harus ke mesin-mesin ATM. Namun, dengan hadirnya inovasi ini, maka para nasabah dapat mengecek saldo mereka dimanapun hanya dengan sebuah smartphone maupun laptop.

3. Memudahkan Untuk Setiap Pembelian Online


Sekarang ini, semua pembelian sudah menggunakan sistem online. Maka dari itu, banyak bank yang sduah bekerja sama dengan para pelaku eCommerce untuk memudahkan para nasabah mereka. Hanya dengan bermodalkan smartphone mauapun PC dengan koneksi internet, maka para nasabah sangat mudah untuk berbelanja secara online. Baik itu membeli kebutuhan sehari-hari, membayar Token Listrik, Mengisi Pulsa dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Cara Menjadi Internet Marketer Yang Handal

#Cara Membuat Internet Banking


Agar dapat menikmati layanan internet banking, maka ada beberapa tahap yang harus dilalui terebih dahulu oleh para nasabah. Nasabah terlebih dahulu harus membuat buku bank ataupun rekening, terus membuat kartu ATM, Aktivasi Internet Banking, serta mengaktifkan mToken. Nah, jika anda sudah membuat rekening bank, maka untuk dapat menikmati layanan eBanking ini anda bisa melakukan proses pendaftaran ebanking tersebut melalui mesin ATM ataupun langsung ke pihak bank yang bersangkutan.

Untuk melakukan pendaftaran Internet Banking melalui kartu ATM, anda harus bisa melakukan nya seperti biasa saat melakukkan transaksi, setelah menginput pin anda, maka silahkan anda pilih menu Internet Banking dan ikuti petunjuk yang diberikan. Nantinya, anda harus melakukan aktivasi melalui situs ( website ) Bank yang bersangkutan. Silahkan ikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang Manfaat Internet Banking untuk Bisnis dan Transaksi Online. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambahkan wawasan kita semuanya. Silahkan share artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi anda dan bagi orang lain. ☺

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter